Monday 4 March 2013

BAHASA INDONESIA


Berikut ini struktur atau urutan bagian-bagian surat resmi.
1. Kepala Surat
- kop surat [berisi identitas dan alamat organisasi atau instansi)
- tanggal surat
- nomor, lampiran, dan hal
- orang yang dituju beserta alamatnya
2. Isi Surat (Badan Surat)
- salam pembuka
- isi surat
- penutup isi surat
3. Penutup Surat/Kaki Surat
- salam penutup
- nama jabatan dalam organisasi atau instansi
- tandatangan
- nama jelas

Surat izin tidak masuk sekolah bukan surat resmi, namun surat pribadi yang menggunakan bahasa resmi. Surat ini tak memiliki kop surat dan nomor.
Surat izin penggunaan tempat untuk suatu acara oleh suatu organisasi, merupakan surat resmi. Surat ini memiliki kop dan nomor surat




Menulis Surat Niaga (Surat Dagang)-

a. Surat Penawaran Harga
Surat penawaran suatu barang atau jasa kepada perseorangan atau perusahaan sering disebut juga surat jual. Dalam surat penawaran biasanya digunakan bahasa yang efektif dan menarik minat pembeli atau penyalur sehingga mempermudah distribusi barang yang ditawarkan tersebut.

Beberapa pertimbangan dalam membuat surat penawaran harga, yaitu sebagai berikut:
- Pertimbangkan baik-baik, apakah barang-barang yang ditawarkan itu benar-benar diperlukan oleh perusahaan lain.
- Pertimbangan risiko yang mungkin timbul.
- Perlu adanya penelitian terhadap barang-barang yang ditawar tersebut, seperti kualitas, jumlah, dan harga.

Pada setiap penawaran harga, perlu disebutkan hal-hal sebagai berikut:
- dasar penawaran barang/jasa;
- perincian harga setiap barang;
- jumlah keseluruhan barang;

Contoh surat penawaran.

b. Surat Perjanjian Jual-Beli
Surat perjanjian jual-beli dibuat oleh pihak penjual dan pihak pembeli. Di dalam surat tersebut dinyatakan secara tertulis kesepakatan antara kedua belah pihak. Surat tersebut berisi pernyataan secara tertulis mengenai kesepakatan yang menyatakan bahwa pihak penjual wajib menyerahkan barang dan berhak atas pembayaran barang itu. Sebaliknya, pihak pembeli berhak atas penerimaan barang dan wajib membayar harga barang itu kepada pihak penjual.
Dalam surat perjanjian jual-beli, barang yang dapat diperjanjikan berupa barang bergerak seperti alat-alat perabotan dan kendaraan; dan barang-barang tidak bergerak atau barang tetap, contohnya adalah rumah, gedung, dan tanah.

Contoh surat perjanjian jual-beli


Menemukan Gagasan Utama dan Gagasan Pendukung

Begitu banyak rubrik yang disajikan oleh redaktur surat kabar yang diperuntukkan bagi pembacanya. Salah satu rubrik andalannya adalah berita utama atau berita pokok. Rubrik ini dikenal dengan istilah tajuk (da1am KBBI, tajuk berarti berita pokok, berita utama). Dikatakan sebagai andalan karena motivasi utama dari pembaca surat kabar adalah mencari berita-berita baru (aktual, terkini).

Setiap tajuk surat kabar tertuang sebuah ide atau gagasan dari penulisnva. Gagasan yang dimaksud adalah inti atau pokok tulisan surat kabar, karena sebagai inti, gagasan tersebut disebut gagasan utama. Ada pula gagasan-gugasan yang memberi kejelasan dan dukungan pada gagasan utama. Gagasan tersebut disebut gagasan pendukung.

Sebagai contoh, perhatikan kutipan tajuk surat kabar berikut.
Banyak orang yang menilai pemerintah terkesan lambat dalam menangani pascabencana Tsunami di Aceh. Dalam tiga hari pertama, menurut Alwi, pemerintah sutit berhubungan. Sarana komunikasi putus. "Presiden akan menghubungi Meulaboh tidak bisa. Kami tidak tahu jumlah korban. Lampu mati, air tidak ada. Apa yang mau dimulai? Semua serba gerak cepat," katanya.
Departemen Pekerjaan Umum juga mengakui lambatnya penanganan pascabencana di Aceh. Menurut Kepala Hubungan Masyarakat, Pandu, banyaknya mayat yang masih berserakan di antara puing-puing bangunan menjadi kendala utama pembersihan puing. Maklum, sebagian besar jatan rusak dan tertimbun tunpur setinggi 1-2 meter. Sebagian besar jembatan juga hancur. Jalan Banda Acen-Calang-Meuta-boh sepanjang 203 kilometer, misalnya, rusak berat dan 110 jembatan vang melintas di kawasan tersebut putus. "Bahkan, 150 kilometer jalan di antaranya masuk ke laut," kata Pandu.

Gagasan utama dan gagasan pendukung yang terdapat dalan tajuk di atas adalah:
Gagasan utama
Penyebab pemerintah terkesan lambat dalam menangani bencana Tsunami di Aceh.
Gagasan pendukung
1. Sarana komunikasi terputus.
2. Lampu mati.
3. Air (air bersih, maksudnya) tidak ada.
4. Sebagian jalan rusak dan tertimbun lumpur setinggi 1-2 meter.
5. Jalan sepanjang 150 km di antaranya masuk ke laut.  

No comments:

Post a Comment